Prediksi : Hal Yang Mempengaruhi SERP di 2013 - 2014, jika berbicara Prediksi mungkin yang ada di pikiran Anda adalah imajinasi atau angan-angan tentang masa depan yang belum pasti akan terjadi dan mungkin saja meleset.
Dengan dasar yang kuat itulah, alasan kenapa saya memilih menggunakan kata Prediksi untuk menuliskan Judul pada Artikel yang akan saya tulis ini.
Dan, satu hal yang perlu Anda ingat, bahwa Prediksi ini bukan datang dari saya, melainkan langsung dari Para Detektif SEO yang suka mangkal di Moz Forum. Sebenarnya ada hal yang membuat saya tidak suka ketika bermain kesana, karena sebagian dari mereka, ketika menuliskan
Post Hanya Berupa Gambar !.
Selain rempong (karena harus download dulu baru bisa diperbesar) post yang hanya berupa gambar tentu akan sangat sulit ketika ingin di Translate, karena harus menuliskan satu-satu setiap kata yang ada di Gambar tersebut. Dan ini penampakan dari Gambar yang saya maksud :
Intinya disini saya ingin membantu Anda, untuk menuliskan + menjelaskan setiap kata yang ada pada Gambar tersebut.
Artikel ini mungkin akan panjang, jadi saya harap Anda bisa fokus dalam membaca setiap poin yang mana di tiap poinnya terdiri dari 5 - 10 kata.
Baiklah, perhatikan Gambar dibawah ini yang menjelaskan tentang
Hal Yang Mempengaruhi SERP di 2013 - 2014 :
Analysis of a Site / Page's Perceived Value to Users
Click! to Zoom
Jika diartikan kata-kata diatas berarti, Analisa Suatu Situs ataupun Halaman yang Dirasa Mempunyai Nilai Kepada Pengguna.
Maksudnya adalah, jika suatu Situs tersebut memberikan Nilai (manfaat) kepada pengunjung yang datang, maka akan dipastikan posisi Situs tersebut akan naik di SERP.
Anda bisa melihat Gambar diatas bahwa Analysis of a Site / Page's Perceived Value to Users akan mengalami kenaikan sebesar 85% di Tahun 2013 - 2014.
Authorsip Metrics ( Author / Agent Rank )
Click! to Zoom
Sistem Pengarang atau maksud dari Pengarang disini adalah Penulis.
Sistem Penulis meliputi 2 hal :
1. Data si Penulis
2. Agent Rank ( contoh : Alexa )
Jadi, untuk betapa pentingnya menuliskan Data si Author pada Blog dan juga kecocokannya dengan apa yang ditulis di Agent Rank. Jadi intinya konsisten dalam menuliskan Data atau tepatnya Nama Author.
Pada Gambar diatas menunjukkan bahwa Authorsip Metrics ( Author / Agent Rank ) akan mengalami kenaikan sebesar 80% di Tahun 2013 - 2014.
The Overall Influence of Google+
Click! to Zoom
Apapun yang Berkaitan dengan Google+ tentunya akan sangat diutamakan oleh SERP (khusus : google).
Contohnya hanya dengan membenamkan Tombol +1 di Akhir Artikel saja sudah menambah nilai Blog Anda di mata Google. Apalagi sampai memencetnya, hehe.
Jika Anda pemain Adsense pasti akan tahu kenapa harus membenamkan Tombol +1 pada tiap Artikel.
Terlihat jelas pada Gambar diatas bahwa The Overall Influence of Google+ akan mengalami kenaikan sebesar 70% di Tahun 2013 - 2014.
Content Readability, Usability and Design
Click! to Zoom
Konten yang mudah untuk dibaca, dipahami, berguna dan juga cara penulisan dan penataan yang menarik.
Mudahnya jangan pernah menyingkat kata yang akan tulis, walaupn singkatan tersebut sudah umum (contoh : yang › yg) karena ini akan mengurangi Readability.
Kedua tulislah Artikel yang bersifat Informatif. Informatif pun tidak harus baru, berita lama boleh Anda share Asal itu bermanfaat, karena akan menambah nilai Usability pada Blog Anda.
Dan yang terakhir jang sampai lupa mendekorasi Artikel sebelum Anda Publish.
Bisa Anda lihat pada Gambar diatas bahwa Content Readability, Usability and Design akan mengalami kenaikan sebesar 70% di Tahun 2013 - 2014.
Usage Data (CTR, Dwell Time)
Click! to Zoom
Ini memang yang saya rasa cukup berdampak banyak terhadap posisi Blog saya di SERP, yaitu
Penggunaan Data yang meliputi :
1. CTR (click through rate)
Berapa persen Pengunjung akan berpindah untuk membaca Artikel yang lain
2. Dwell Time (waktu tinggal)
Seberapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung ketika di Blog Anda. Yang saya tahu Dwell Time ini juga dibagi dua yaitu : Daily Pageviews per Visitor dan Daily Time on Site.
Jadi intinya buatlah pengunjung agar berkutat di Blog Anda, untuk caranya bisa dengan menambahkan Artikel Terkait (yang benar-benar terkait).
Karena, jika Anda lihat pada Gambar diatas bahwa Usage Data (CTR, Dwell Time) akan mengalami kenaikan sebesar 60% di Tahun 2013 - 2014.
Presence + Prominence of Advertising vs Content
Click! to Zoom
Langsung saja maksudnya adalah Mana yang paling menonjol di Blog Anda apakah Iklan atau Konten.
Karena jika Blog Anda lebih menonjolkan Iklan ketimbang Konten yang Anda tulis tentunya ini akan berdampak pada posisi Blog Anda di SERP.
Walaupun iklan tidak banyak berpengaruh terhadap SERP, namun Tertulis pada Gambar diatas bahwa Presence + Prominence of Advertising vs Content akan mengalami kenaikan sebesar 25% di Tahun 2013 - 2014.
Influence of Anchor Text in External Link
Click! to Zoom
Jumlah Link yang meng mengarah keluar. Jadi untuk kedepannya Anda tidak perlu takut menyertakan Link Sumber atau Link yang mempunyai kaitan dengan Artikel yang Anda buat.
Perhatikan Gambar diatas, menunjukkan bahwa Influence of Anchor Text in External Link akan mengalami penurunan sebesar 60% di Tahun 2013 - 2014.
Exact Keyword Match Domains
Click! to Zoom
Ini yang terakhir, maksudnya adalah Kesesuaian Antara Nama Domain dengan Kata Kunci yang diincar.
Untuk kedepannya Anda tidak perlu takut lagi tentang nama domain yang Anda anggap tidak sesuai dengan isi Artikel Anda. Karena Detektif Moz menganggap hal tersebut tidak ada kaitannya dengan posisi SERP.
Ini pun didukung dengan pernyataan salah satu Team Google, yaitu Matt Cutts yang mengatakan “Content is King”.
Pada Gambar diatas pun, tertulis bahwa Influence of Anchor Text in External Link akan mengalami penurunan sebesar 75% (wow) di Tahun 2013 - 2014.
Saya kira cukup sekian artikel tentang
Prediksi : Hal Yang Mempengaruhi SERP di 2013 - 2014 yang bisa disampaikan oleh Newbie, dan saya ucapkan terimakasih banyak untuk Anda yang telah membaca dari awal sampai akhir.