Captcha atau yang sering kita plesetkan menjadi Capcay merupakan Bentuk suatu tantangan (di alam komputer) yang mengharuskan Anda, untuk menjawab tantangan yang diberikan komputer tersebut atau mudahnya. Captcha adalah alat yang digunakan untuk memastikan bahwa Anda bukan Robot, Mesin atau Sebangsanya.
Selama ini kita beranggapan, bahwa Captcha sebuah Alat yang sangat bermanfaat untuk memerangi “teroris
backlink” sekilas memang tepat, jika Captcha disebut sebagai alat yang bermanfaat. Namun, terlepas dari manfaatnya (yang hanya) untuk memerangi Comment Spam, ternyata banyak sekali dampak yang ditimbulkan oleh ulah si Captcha ini, baik dari segi
Ranking Blog,
SEO, maupun
Personal.
Mari kita kupas tuntas lebih dalam mengenai
Dampak Yang Ditimbulkan Captcha :
- Captcha Memberi Dampak Terhadap Conversion Rate
Setidaknya inilah yang menjadi alasan utama kenapa Captcha secara tidak langsung berpengaruh kepada SEO.
Agar Anda bisa memahami lebih dalam mengenai Conversion Rate ini, maka saya sertakan pula Hasil penelitian yang dilakukan oleh Anggota Moz Academy yaitu Caseyhen berupa Gambar yang berisi Laporan tentang Conversion Rate suatu Blog saat Captcha Aktif dan ketika Captcha Tidak Aktif :
Saya tahu betul, untuk Anda pengguna HandPhone pasti akan kesulitan untuk membacanya. Nah untuk itulah disini saya sudah buatkan Tabel untuk mempermudah Anda khususnya para pengguna HP, dalam memahami Apa yang dimaksud dengan Coversion Rate berdasarkan Gambar diatas :
Percobaan | Failed | Spam |
2.134 | 0 | 19 |
Percobaan | Failed | Spam |
2.156 | 159 | 11 |
Dari kedua data tersebut, kita bisa menyimpulkan :
Ketika Captcha Aktif :
Conversions Spam & Failed mencapai 7.3% selama 3 Bulan.
Ketika Captcha Tidak Aktif
Conversions Spam & Failed mencapai 4.1% selama 3 Bulan.
Itu Artinya jika Captcha Aktif selam 3 Bulan saja, maka situs tersebut akan meningkatkan resiko Spam dan Failed sebesar : 3.2% (7.3% - 4.1%).
- Captcha Beresiko Mengurangi CTR
CTR atau Click Through Rate juga akan mengalami penurunan ketika Anda memasang Captcha, karena bukannya disibukkan untuk melihat artikel yang lain, justru mereka malah disibukkan dengan Captcha. Hasil Penelitian yang saya dapat dari Stanford University tentang Captcha yang mereka tulis dalam bentuk pdf, yang isinya kurang lebih seperti ini :
- Visual Captchas take 9.8 seconds to complete.
- Audio Captchas take much longer 28.4 seconds to hear and solve.
- Audio CAPTCHA has a 50% give-up rate.
- Only 71% of the time will 3 users agree on the translation of a Captchas.
- Only 31.2% of the time will 3 Users agree on the translation of an Audio Captcha.
Lalu apa hubungannya dengan CTR ? dari data diatas lebih dari 50% memilih untuk menyerah (pergi) secara langsung, ini jelas akan berdampak pada penurunan CTR Blog Anda.
- Captcha Mungkin Memberi 1 Manfaat Namun Menelurkan 1001 Masalah
Mungkin mereka berpikir dengan Captcha mampu mencegah orang untuk melakukan Spam, namun faktanya semua itu tergantung dari niat si pelaku, jika sudah niat mau nyepam, dilindungi Captcha sekalipun, ya akan mereka lakukan.
Justru dengan Captcha ini saya rasa malah meningkatkan aktifitas Spam (karena stres tidak mampu menyelesaikan captcha)
Masalah, yang ditimbulkan Captha selanjutnya adalah. Pertanyaan “Apakah Anda Robot ?” suatu Pertanyaan yang menggelikan menurut saya pribadi.
Karena, jika diibaratkan pada Sebuah Toko, itu seperti bertanya kepada Pembeli “Apakah Anda Maling ?” sebelum, si Pembeli masuk Toko tersebut.
3 Poin yang saya harap mampu menyadarkan (bukan : mempengaruhi).
Namun, rasanya kurang afdol jika saya hanya membahas Dampak Captcha tanpa Memberi Solusinya.
Baiklah, jika bicara Spam maka menurut saya sendiri solusinya adalah
Akismet (wordpress) atau
Anti Spam (google) dan sekali lagi, saya ingatkan Captcha! tidak mampu menyaring Spam.
Saya harap Anda tidak salah tangkap dengan Artikel saya ini.
Karena, disini saya Bukan Memaksa Anda untuk membredeli Captcha yang terpasang di Blog Anda. Melainkan hanya ingin berbagi tentang
Dampak Yang Ditimbulkan Captcha dari pandangan saya pribadi.