Situs Jejaaring Sosial jika saya tidak salah artinya adalah sebuah situs yang menghubungkan masing-masing Individu. Jadi intinya situs jejaring sosial bisa kita gunakan untuk mencari teman, pacar bahkan selingkuhan.
Namun seiring perkembangan jaman, jejaring sosial tidak hanya digunakan sebagai ajang perjodohan dan pertemanan, tapi juga sudah berkembang menjadi lahan mencari uang. Para pelaku bisnis (entrepeneur) utamanya anak muda sudah mulai menggunakan jejaring sosial sebagai tempat mereka mempromosikan barang dagangan mereka, karena dianggap lebih murah, mudah, cepat, dan tepat sasaran.
Fitur Ads yang disediakan oleh masing-masing jejaring sosial juga semakin memudahkan pengusaha untuk mengiklankan produk mereka.
Cara Membuat Situs Jejaring Sosial ( Bonus Video ! )
Cara membuat situs jejaring sosial sendiri seperti Facebook bukankah hal yang susah, dan pada artikel tersebut saya akan menjelaskannya secara detail dari awal - akhir.
Begitu banyak bukan keuntungan dari memiliki akun di Jejaring Sosial ? istilahnya semakin banyak jejaring sosial yang kita miliki, maka semakin banyak pula keuntungan yang kita dapat.
Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Indonesia
Dan berikut saya berikan informasi menarik, mengenai kumpulan Situs Jejaring Sosial yang sangat populer di Indonesia dan patut Anda coba satu per satu. Ke 7 situs ini saya susun berdasarkan tingkat atau banyaknya jumlah pengguna : terdaftar di situs jejaring sosial tersebut.
Baik, langsung saja berikut daftar lengkap 7 Jejaring Sosial Terpopuler di Indonesia.
Facebook
Facebook menempati posisi kedua dengan jumlah pengguna terbanyak. Jejaring Sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg dan juga beberap taman-temannya yang juga berkuliah di Universitas Harvard.
Pasar Facebook tercermin dari sloggannya yaitu 'Facebook for Business' yang jika diartikan kurang lebih Facebook ingin mengukuhkan dirinya sebagai Jejaring Sosial yang tidak hanya bisa digunakan untuk 'ngobrol' dengan teman, tapi juga dapat difungsikan sebagai tempat untuk mengembangkan atau memulai Bisnis.
Facebook for Business ternyata cukup berhasil, tercata layanan iklan yang ditawarkan Facebook yang bernama Facebook Ads, sangat banyak diminati para pengusaha, khususnya di Indonsia yang menempati urutan keempat sebagai pengguna Facebook terbanyak di dunia, yang mencapai 90 Juta pengguna terdaftar.
Jumlah Pengguna : 1,280,000,000
Usia Pengguna : 17 - 50 Tahun
Kategori Jejaring Sosial : Umum
Tanggal Peresmian Jejaring Sosial : Febuari 2011
Google+
Google Plus merupakan jejaring sosial buatan Google yang berfisat umum, artinya jejaring sosial yang satu ini digunakan untuk siapa saja, dan juga membahas kategori apa saja.
Isi dari jejaring sosial Google+ bisa dibilang yang paling bermanfaat dibanding jejaring sosial lain pada umumnya, hal ini dikarenakan lebih banyak orang yang suka membagikan Link Artikel Blog, yang seperti semua kita tahu, jika artikel ditulis di blog pada umumnya, artikel tersebut pastilah memberi manfaat, baik untuk orang lain maupun dirinya sendiri.
Selain itu, kelebihan dari Google+ adalah 'nyaris' tidak ada status yang bersifat curhat, alay, cari perhatian atau semacamnya, melainkan mereka lebih fokus untuk membagikan informasi bermanfaat, foto lucu, status bijak dan sesekali mereka menyelipkan sebuah Link yang menuju ke Blog mereka di akhir Status yang mereka buat.
Jumlah Pengguna : 600,000,000
Usia Pengguna : 18 - 40 Tahun
Kategori Jejaring Sosial : Umum
Tanggal Peresmian Jejaring Sosial : 28 Juni 2011
Twitter
Jejaring Sosial yang paling populer di Indonesia setelah Google+ adalah Twitter. Dan Indonesia tercata sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna terbanyak di Twitter, tercatat 20% Pengguna Twitter adalah Orang Indonesia. Hal inilah yang membuat Trending Topic di Twitter sering kali dibanjiri oleh 'kata-kata' yang terucap dari orang Indonesia.
Keterbatasan karakter yang hanya mampu menampung sebanyak 140 Karakter membuat para penggunanya sering kali dipaksa untuk memutar otak, agar apa yang hendak disampaikan bisa tersalur dengan baik kepada para Follower, dan cara yang paling populer adalah dengan menyingkat seluruh kata.
Jumlah Pengguna : 500,000,000
Usia Pengguna : 17 - 30 Tahun
Kategori Jejaring Sosial : Umum
Tanggal Peresmian Jejaring Sosial : 15 Juli 2006
LinkedIn
LinkedIn merupakan jejaring sosial yang dibuat khusus untuk transaksi bisnis, menemukan partner kerja dan juga berbagi pengalaman yang berhubungan dengan Dunia Kerja.
Orang yang bergabung dengan LinkedIn biasanya adalah manusia dengan SDM tinggi yang ingin melebarkan bisnisnya atau sekadar mencari teman untuk diajak bekerjasama, ada juga yang memanfaatkan LinkedIn sebagai 'promosi diri'. Memamerkan keahlian dirinya, dan berharap ada orang yang merekrutnya untuk bekerja.
Jujur saja, saya tidak terlalu banyak mengetahui tentang jejaring sosial Linked In ini, tapi yang jelas, orang-orang yang ada di LinkedIn benar-benar orang yang profesional dan tidak suka mengupdate status yang sifatnya remeh-temeh.
Jumlah Pengguna : 200,000,000
Usia Pengguna : 20 - 50 Tahun
Kategori Jejaring Sosial : Umum
Tanggal Peresmian Jejaring Sosial : 15 Juli 2006
Instagram
Instagram adalah jejaring sosial yang bisa kita gunakan untuk berbagi foto maupun video. Situs ini bisa dibilang sangat populer di Indonesia, bahkan Ibu Negara, Ani Yudoyono pun memiliki akun di Instagram, beliau juga cukup aktif mengupload foto karya beliau di situs Jejaring Sosial satu ini.
Sayangnya jika ingin mendaftar sebagai anggota Instagram Anda diwajibkan untuk menggunakan Smartphone. Jadi untuk pengguna PC hanya bisa menggunakannya setelah mendaftar di Smartphone atau dengan kata lain, hanya bisa Log In tanpa bisa Register.
Tak banyak yang saya tahu tentang Istagram, tapi yang jelas, jika Anda seorang Photographer maka Anda wajib untuk bergabung dengan jejaring sosial Instagram.
Jumlah Pengguna : 150,000,000
Usia Pengguna : 17 - 50 Tahun
Kategori Jejaring Sosial : Foto & Video
Tanggal Peresmian Jejaring Sosial : Oktober 2010
deviantART
Jika Anda adalah penggila seni, maka jejaring sosial yang satu ini wajib Anda kunjungi, karena disinilah para Desainer berkumpul 'memamerkan' maha karya terbaik mereka.
Karya yang ada di deviantART ini sangat beragam, tidak hanya berupa gambar tapi ada juga yang berupa animasi dan terkadang juga ada yang berbagai Desain Blog buatan mereka. Jika beruntung Anda juga bisamendapatkan file mentah karya mereka yang berupa PSD, CDR dan AI.
Saya sendiri nyaris tak pernah absen untuk mengunjungi jejaring sosial deviantART, karena setiap hari selalu muncul karya yang mampu membuat saya tak berkedip ketika memandangnya, lebay.
Jumlah Pengguna : 22,000,000
Usia Pengguna : 17 - 45 Tahun
Kategori Jejaring Sosial : Komunitas Seni
Tanggal Peresmian Jejaring Sosial : 7 Agustus 2000
Kaskus
Akan sangat 'berdosa' jika Anda orang Indonesia namun tidak mengenal Kaskus. Kaskus adalah forum komunitas yang terbesar di Indonesia buatan tiga anak muda indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan.
Yang menarik di Kaskus adalah karena adanya fitur Hot Threat, dimana setiap post yang dibuat oleh Kaskuser (sebutan fans kaskus) yang dinilai paling menarik dan bermanfaat akan dianugrahi dan dijadikan Hot Threat, itulah yang menjadi kebanggaan sekaligus menjadi motivasi kaskuser untuk menyajikan post yang berkualitas.
Jadi jangan heran, jika Anda berkunjung ke Kaskus lalu Anda akan disuguhkan post atau artikel yang begitu bermanfaat.
Jumlah Pengguna : 4,500,000
Usia Pengguna : 17 - 40 Tahun
Kategori Jejaring Sosial : Forum ( umum )
Tanggal Peresmian Jejaring Sosial : 6 November 1999
Itu saja informasi mengenai Jejaring Sosisal Terpopuler yang bisa saya bagikan ke Anda. Silahkan pergunakan Jejaring Sosial tersebut sesuai kebutuhan.
Akhir kata saya ucapkan terimaksih banyak telah bersedia membaca 7 Situs Jejaring Sosial Terbaru dan Terpopuler di Indonesia.