Cara untuk mencari niche keyword yang terbaik untuk Blog sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari riset keyword di Google AdWord Keyword Planner sampai yang paling populer atau banyak digunakan adalah menggunakan tool Google Trends. Dan di artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mencari / mendapatkan niche keyword yang baik dan tepat untuk Blog maupun Website Anda.
Sedikit penjelasan tentang apa itu Google Trends, sederhananya Google Trends adalah situs yang akan menampilkan / memberikan informasi mengenai grafik statistik pencarian web dan akan menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu, jadi rentan waktunya bisa kita atur sendiri misalnya kita ingin melihat topik yang populer 1 minggu yang lalu, atau 1 bulan yang lalu, semua itu bisa kita setting sendiri. Itu sedikit penjelasan / pengertian Google Trends, selanjutnya kita akan belajar cara mencari keyword yang sedang populer di Google Trends dan akan kita pelajari pula peluangnya untuk dijadikan niche pada Blog / Website.
Cara Mencari Niche Keyword Populer
Sebagai contoh disini saya akan menggunakan Google Trends Indonesia untuk mencari hal apa yang sedang nge-tren di Indonesia, dan selanjutnya akan kita cari tahu bagaimana peluang keyword tersebut jika dijadikan niche Blog. Langsung saja, ikuti langkah dibawah ini untuk mencari Niche Keyword Populer.
- Terlebih dahulu, silahkan Anda kunjungi situs Google Trends ID disini http://www.google.com/trends/?hl=id&geo=ID
Perhatikan kolom bagian kiri, yang bertuliskan Sedang Tren, itulah yang disebut sebagai keyword populer, atau kata kunci yang sedang banyak dicari orang. Untuk melihat lebih banyak trends, silahkan Anda klik tombol Sedang Trend tersebut.
- Perhatikan Penelusuran Terpopuler
Dalam sehari biasanya akan terdapat lebih dari 5 Kata Kunci yang sedang Tren, bahkan pada tanggal hari Rabu, 29 Oktober 2014 terdapat lebih dari 10 Trend Keywords.
Selain itu kita juga bisa melihat penelusuran terpopuler pada 30 hari terakhir, caranya adalh dengan klik icon kalender yang berada di sebelah kanan tombol gear.
- Pilih salah satu Keyword untuk kita Jelajahi
jelajahi disini maksudnya adalah mencari tahu bagaimaan prospek Keyword tersebut di masa yang akan datang, apakah akan naik atau justru turun
Caranya adalah dengan memasukkan kata kunci tersebut ke dalam kotak pencarian (Jelajahi Trends), dan selanjutnya silahkan klik tombol Search untuk mulai melakukan pencarian.
- Amati Grafik 'Minat seiring dengan waktu'
Grafi tersebut memberikan informasi mengenai jumlah pencarian pada keyword / kata kunci tersebut setiap bulannya, dan pada kasus diatas terlihat jelas bahwa kata kunci 'halloween' termasuk dalam keyword musiman dan bukan keyword abadi, karena jumlah pencariannya tidak stabil alias naik turun.
ini artinya keyword halloween tidak begitu pas jika kita jadikn niche utama blog / web
- Scroll kebawah lalu amati 'Penelusuran terkait'
Jika Anda tetap ingin menggunakan niche Halloween, maka silahkan Anda lihat dan amati penelusuran yang terkait dengan kata kunci halloween tersebut, itulah yang disebut sebagai keyword atau kata kunci turunan.
Jika anda kurang puas dengan kata kunci terkait yang diberikan oleh google trends, maka saran saya silahkan Anda coba Google AdWords Keyword Planner untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang keyword Halloween atau keyword apapun yang ingin Anda riset, mulai dari jumlah pencarian per bulan, nilai per klik, sampai keyword turunan juga bisa dicari dengan keyword research tool terbaik buatan Google ini.
Sebagai informasi saja, bahwa Google Trends saat ini telah tersedia untuk berbagai negara di Dunia, jadi tool ini bukan hanya bisa untuk mencari niche keyword Lokal saja, namun juga bisa kita gunakan untuk mencari tahu niche keyword Global yang sedang populer.