Mempromosikan bisnis online melalui media sosial merupakan salah satu cara termudah dan termurah untuk meningkatkan popularitas brand pada bisnis yang Anda jalankan.
Namun sayangnya masih banyak pebisnis yang belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan media sosial dengan maksimal, hal ini sangat disayangkan, mengingat jumlah pengguna media sosial di Indonesia yang begitu besar, bahkan termasuk dalam salah satu negara dengan jumlah pengguna media sosial terbanyak di Dunia.
Dari data Global Web Index diatas bisa kita simpulkan bahwa jumlah pengguna media sosial di Indonesia merupakan yang terbesar (dengan catatan negara china tidak diikut sertakan dalam survei).
Besarnya jumlah pengguna media sosial di Indonesia tentunya dapat menjadi saran promosi terbaik bagi para pebisnis yang ingin
meningkatkan omset bisnis online mereka. Melalui artikel inilah saya akan mencoba memberikan tips memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis yang baik dan benar.
1 Tambahkan Tagar / Hashtag di Tiap Postingan
Hampir di setiap media sosial kini sudah dilengkapi dengan fitur tagar atau lebih kita kenal dengan istilah hashtag. Penting bagi Anda mengetahui hal ini, karena sebagian besar pengguna media sosial akan memanfaatkan fitur hastag untuk mencari berbagai hal.
Penggunaan hastag juga ada aturannya, jangan sampai Anda menambahkan hastag yang tidak memiliki kaitan dengan produk / jasa yang Anda tawarkan, karena itu hanya akan mengurangi kredibilitas bisnis Anda.
2 Manfaatkan FanPage Sebagai Sarana Promosi Bisnis di Facebook
Facebook page atau fanpage facebook merupakan sarana yang disediakan oleh Facebook bagi para pemilik bisnis. Hal ini bisa dilihat dari berbagai fitur yang ada di fanpage seperti :
- Auto Scedule (menjadwalkan post)
- Pinning a Post (menyematkan post)
- Check in (fitur mendaftarkan diri)
- Rating (fitur memberikan penilaian)
Dan masih banyak fitur lain, intinya facebook fanpage memang disediakan untuk para pebisnis, jadi manfaatkan fitur tersebut secara maksimal.
Melihat begitu banyak fitur yang terdapat pada fanpage facebook, tentunya akan membuat siapa saja tertarik untuk membuat fanpage di Facebook. Dan bagi Anda yang belum tahu atau masih bingung bagaimana cara membuatnya, silahkan pelajari artikelnya disini
Cara Membuat Facebook Fanpage.
3 Pertimbangkan Untuk Membuat Akun LinkedIn
LinkedIn mungkin tidak sepopuler media sosial lain seperti Twitter atau Facebook, karena konten dari LinkedIn lebih diperuntukan untuk bisnis, baik itu perorangan maupun perusahaan.
Dengan membuat akun di LinkedIn, secara tidak langsung akan mencerminkan bahwa bisnis yang Anda jalankan bukanlah bisnis main-main, jadi orang tak akan segan untuk memulai bisnis dengan Anda.
Jika Anda tertarik utnuk belajar
cara membuat akun di LinkedIn, silahkan baca tutorial lengkapnya disini
http://berguruseo.blogspot.com/2014/11/cara-membuat-dan-menggunakan-linkedin.html.
4 Gunakan YouTube Sebagai Media Promosi Yang Menarik
Cara paling mudah mendapatkan atensi para calon pelangga adalah dengan cara membuat konten yang menarik dan video merupakan salah satu contoh media yang cukup interktif, karena kita bisa menggabungkan teks, audio serta visual.
Selanjutnya, video yang telah dibuat bisa Anda upload di berbagai situs media sosial, baik itu Facebook, Twitter maupun YouTube, namun tentu saja saya sangat menyarankan untuk menguploadnya ke YouTube terlebih dahulu dna barulah membagikannya di Facebook / Twitter.
Untuk Anda yang belum begitu familiar dengan YouTube, berikut saya berikan penjelasan singkat bagaimana
cara mengupload video ke YouTube.
- Buka https://www.youtube.com/
- Login ke akun YouTube Anda (buat akun YouTube)
- Cari dan klik tombol Upload
- Pilih file video yang akan di upload
Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu hingga file terupload 100%, sembari menunggu Anda bisa mengisi deskripsi atau menambahkan tag yang berkaitan dengan video yang Anda upload.
5 Tingkatkan Visibilitas Bisnis Anda Dengan Twitter
Bagi Anda yang sudah paham betul bagaimana
cara menggunakan twitter pastilah mengetahui bahwa aktifitas yang dilakukan oleh pengguna twitter (entah itu retweet ataupun melakukan reply) akan terlihat pada timeline atau dengan kata lain akan terlihat secara publik.
Dari aktifitas itulah bisa disimpulkan bahwa Twitter memiliki peran besar dalam meningkatkan visibilitas
bisnis online Anda, jadi usahakan untuk menuliskan segala kegiatan pada bisnis Anda seperti promosi produk, kuis dan diskon melalaui twitter agar diretweet oleh para pengguna twitter dan jika belum punya akun twitter silahkan baca
cara membuat Twitter.
6 Maksimalkan Kepuasan Pelanggan Dengan Layanan Fast Response
Kecepatan dalam membalas setiap pertanyaan yang masuk akan menjadi nilai tambah tersendiri. Jadi pastikan Anda selalu siap, karena pertanyaan maupun komplain dari pelanggan bisa datang kapan saja mengingat mudahnya mereka dalam mengirim pesan melalui internet.
Memiliki pelayanan yang cepat juga akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Namun juga harus diimbangi dengan pelayanan yang ramah saat berkomunikasi dengan pelanggan, hal ini penting untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan.
7 Analisa Jangkauan Untuk Mengukur Tingkat Keberhasilan
Untuk mengukur tingkat keberhasilan promosi yang dilakukan, kita bisa menggunakan analytic atau bagi pengguna facebook mungkin Anda sudah tidak asing dengan fitur page insight, ya fitur ini sangat bermanfaat karena berisi informasi akurat mengenai demografi para calon pelanggan.
Cara cenggunakan page insight di Facebook tidaklah susah, karena fitur ini akan terpasang secara otomatis, jadi kita tidak perlu melakukan settingan apapun dan untuk melihatnya cukup klik pada tab Insight yang ada pada menu Fanpage.
Sistem pemasaran online dengan menggunakan
situs jejaring sosial sebagai
media promosi online memiliki tidak selamanya bekerja secara efektif, dimana seperti kita tahu bahwa
kunci sukes bisnis tergantung dari
cara memasarkan produk serta bagaimana inovasi Anda dalam mengembangkan bisnis tersebut.